REJOAGUNG NGORO JOMBANG 61473 JAWA TIMUR TELP. 0321-6870750, e-mail: smk_ihs@yahoo.co.id, smkihsanniat.jbg@gmail.com, www.smkihsanniat.blogspot.com

MENGENAI KAMI

Foto saya
Jombang, Jawa Timur, Indonesia
SMK IHSANNIAT didirikan pada tahun 2003,atas inisiatif Alumni Pesantren At-Tahdzib (PA)dan merupakan salah satu lembaga di bawah naungan Yayasan Pendidikan Ihsanniat (YPI) Pesantren At-Tahdzib (PA) Ds. Rejoagung Kec. Ngoro Kab. Jombang Prov. Jawa Timur.

Info Akademik

PENDAFTARAN PESERTA DIDIK BARU SMK IHSANNIAT TAHUN PELAJARAN 2020-2021

1. Mengisi formulir pendaftaran on-line melalui www.adm-smkihsanniat.blogspot.com, atau

2. Datang langsung untuk mengisi formulir pendaftaran ke Kantor SMK IHSANNIAT Rejoagung, Ngoro, Jombang 61473.

Syarat administrasi dapat disusulkan:

1. Photo Copy Ijasah, SHUN yang sudah dilegalisir sebanyak 3 lembar;

2. Photo Copy Kartu Keluarga (KK) sebanyak 1 lembar;

3. Photo Copy KTP orang tua masing-masing 1 lembar;

4. Photo Copy Kartu Indonesia Pintar (KIP) sebanyak 1 lembar kalau ada.

AGENDA KEGIATAN PESERTA DIDIK BARU SMK IHSANNIAT REJOAGUNG NGORO JOMBANG TAHUN PELAJARAN 2020-2021

1. Pendaftaran Peserta Didik Baru tahun pelajaran 2020-2021, berakhir tanggal 30 Juni 2020.

2. Pagu jumlah siswa SMK Ihsanniat Rejoagung tahun pelajaran 2020-2021:Teknik Komputer Jaringan (TKJ) : 35 siswa laki-laki, Otomatisasi dan Tatakelola Perkantoran (OTKP) : 35 siswi perempuan, Asisten keperawatan (ASPER) : 35 siswi, Memprioritaskan pendaftar yang lebih dulu.

3. Pengarahan peserta didik baru dan pengukuran seragam khas SMK tahun pelajaran 2020-2021: Ahad, 05 Juli 2020, Pukul 08.00 WIB, siswa-siswi mengenakan seragam pramuka.

4. Pelaksanaan Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPDB), tanggal 06-09 Juli 2020. Semua siswa-siswi baru wajib mengikuti kegiatan untuk mendapatkan sertifikat MOPDB, sebagai syarat mengikuti Ujian Nasional di kelas XII.

5. Pembagian ruang kelas, tempat duduk dan seragam: Sabtu, 11 Juli 2020.

6. Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) aktif: Senin, 13 Juli 2020.

7. Informasi kegiatan dapat diakses di www.smkihsanniat.blogspot.com, dan akan mendaptkan SMS dari sekolah ke nomor handphone yang tercatat dalam formulir PPDB masing-masing siswa.

Senin, 25 Maret 2013

Konjen Jepang Peduli Mulok Bahasa Jepang SMK IHSANNIAT


OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Upaya SMK Ihsanniat bersama tenaga pengajar Ibu Uning Cristie Maharani, S.Pd, dalam mengembangkan kompetensi berbahasa Jepang di kalangan siswa-siswi SMK Ihsanniatmendapat apresiasi Konjen Jepang Bpk. Prof. Massakitakano dan Wakil Konjen Jepang Ibu Matsuda. Dalam kunjungannya di SMK Ihsanniat Konjen Jepang Bpk. Pof. Massakitakano mewakili pemerintah Jepang  menyampaikan rasa terima kasih atas perhatian dan minat siswa-siswi SMK Ihsanniat untuk mendalami kemampuan ber- Bahasa Jepang. Dalam kesempatan talk show di aula SMK Ihsanniat, beliau juga menawarkan program beasiswa kuliah di Jepang untuk siswa-siswi SMK Ihsanniat. Semoga kerjasama lintas Negara tidak sebatas pada kegiatan hari itu saja tapi harus lebih ditindaklanjuti dengan hal-hal kongrit demi kemajuan pendidikan di SMK Ihsanniat Rejoagung. Beberapa kali SMK Ihsanniat mendapatkan bantuan media pembelajaran bahasa, mulai dari CD/Cassette, cart, buku, majalah dll, dan ini akan menambah antusias siswa dalam pengembangan kemampuan ber-Bahasa Jepang.
Bahasa Jepang menjadi salah satu mata pelajaran muatan lokal di SMK Ihsanniat Rejoagung.  Perlu diketahui, banyak hal pertimbangan kami memilih Bahasa Jepang dibanding bahasa asing lainnya. Jika bagi orang Jepang bahasa Indonesia mudah dipelajari, tapi bagi orang Indonesiapun bahasa Jepang sangat mudah dipelajari. Lebih jauh, bahwa ‘di seluruh dunia, orang Indonesia-lah yang paling dapat menjadi mahir berbahasa Jepang’. Alasannya dapat dikemukakan sebagai berikut ini.
  1. Bahasa Jepang adalah bahasa yang secara fonetik sangat mudah diterima oleh orang Indonesia. Pelafalan bahasa Jepang oleh orang Indonesia terdengar sangat natural di telinga kami.
  2. Meskipun bahasa Jepang secara struktur tata bahasanya cukup berbeda dengan bahasa Indonesia, tetapi struktur tata bahasa dasar dalam bahasa Jepang dikatakan tidak terlalu rumit. Oleh karena itu, perbedaan struktur tata bahasa adalah permasalahan yang dapat diatasi.
  3. Salah satu alasan mengapa bahasa Jepang sulit adalah banyaknya huruf Kanji yang harus dihafal. Hal ini merupakan keuntungan bagi orang China karena China adalah negara asal huruf Kanji. Anda sekalian bersusah payah mempelajari Kanji, namun selama masih muda dan kemampuan menghafal masih sangat baik, berusahalah menghafal Kanji sebanyak-banyaknya.
  4. Hal lain yang sulit selain Kanji dalam mempelajari bahasa Jepang adalah penguasaan penggunaan dan pemilihan kata-kata yang menunjukkan tingkat kesopanan dalam hubungan bermasyarakat yaitu ‘Bahasa Menghormati’, ‘Bahasa Sopan’, ‘Bahasa Merendah’.
Alasannya mengemukakan pendapat bahwa ‘di seluruh dunia, orang Indonesia-lah yang paling dapat menjadi mahir berbahasa Jepang’ karena kelihatannya orang Indonesia paling mampu menggunakan gaya bahasa ini dengan lancar. Mungkin hal tersebut dikarenakan dalam lingkungan tradisi masyarakat Indonesia sama halnya dengan Jepang, diajarkan kebajikan untuk berbicara dengan bahasa ‘menghormati’ dan ‘merendah’ ketika berbicara kepada orang yang lebih tua atau dihormati.
Oleh karena itu, belajar bahasa Jepang-lah dengan rasa percaya diri. Dewasa ini, banyak orang yang mempelajari bahasa Jepang di seluruh dunia, dan Anda sekalian berada pada level yang lebih tinggi. Tentu saja, dalam proses belajar akan berhadapan dengan beragam permasalahan seperti kesulitan menghafal Kanji atau menggunakan partikel dengan tepat. Tetapi, percaya dirilah dan terus belajar dengan semangat ‘Pantang Menyerah’. Terdapat manfaat yang besar bagi orang Indonesia dalam mempelajari bahasa Jepang. Jika terus berusaha dengan semangat yang kuat maka pasti akan membuahkan hasil. Semangatlah siswa-siswi SMK Ihsanniat…!

Tidak ada komentar:

Terima Kasih atas Kunjungannya